Selasa, 31 Januari 2012

Mengatasi Nyeri Saat Haid




Oke.. khusus yang aganwati silahkan disimak, yang Agannya jangan ngintip2, soalnya ini tips khusus untuk yang cewek2 :D
langsung ajha.. TIPS AKTIF SAAT HAID !



Nah.. sebagai cewek, kita gak bisa ngehindarin datang bulan, haid juga banyak menimbulkan masalah bagi diri kita sendiri apalagi kalau ada rasa nyeri yang berlebihan. nah mungkin tips ini bisa diterapin dalam kehidupan sehari-hari kita.



  • Tidur Cukup 

Sebenarnya saat kita tidur, aktivitas kita nggak berhenti. cuma yang membedakannya bentuk aktivitasnya. saat kita tidur tubuh bakalan ngoreksi keseimbangan kimiawi dalam tubuh kita,mempersiapkan kadar gula darah yang tepat untuk hari berikutnya,memelihara fungsi memori dan lain-lain. makanya, sesuai usia kita, tidur dalam waktu 6-9 jam sudah sangat ideal untuk mengembalikan kesegaran dan mood kita.



  • Olahraga Teratur
Olahraga teratur (termasuk jalan kaki) jadi salah satu kegiatan yang dapat mengurangi rasa nyeri saat kita haid.olahraga juga dapat meningkatkan produksi endorfin otak, penawar rasa sakit alami dalam tubuh. 



  • Perhatikan Konsumsi makanan
Saat datang bulan, kita harus mengontrol dan perhatiin jenis makanan yang kita konsumsi. usahakan yang mengandung kalsium dan serat. misalnya sayuran, ikan, telur,tempe. konsumsi vitamin C juga bagus.



  • Pengobatan Tradisional

Cara-cara tradisional juga bisa kita lakukan dan pastinya ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri.misalnya , mandi dengan air hangat, kompres dengan air hangat di posisi rasa nyeri tersebut. ini hal simple yang bisa kita lakukan dimana saja.



  • Say No To Caffein & Alcohol
Nggak pernah ada efek bagus saat kita mengkonsumsi alkohol, apa lagi saat kita sedang mengalami haid. alkohol sangat mendukung rasa nyeri yang kita alami, bagitu juga kopi, kandungan kafeinnya justru membuat rasa nyeri semakin bertambah.



  • Obat Penahan Rasa Nyeri.
jika rasa nyeri juga belum bisa disembuhkan, mengkonsumsi obat penetral rasa nyeri juga nggak masalah kok. tapi usahakan obat-obatan itu dalam pengawasan dokter, jangan asal minum, bisa-bisa overdosis.



  • Relaksasi
Melakukan relaksasi untuk menghilangkan rasa nyeri haid juga bisa jadi pilihan yang oke pijatan spa bisa mengembalikan perasaan kita yang nggak karuan menjadi tenang dan menimbulkan rasa nyaman.


Nah.. cuma ini tips-tips yang bisa saya berikan untuk aganwati yang mungkin sanggat kesusahan ketika harus menanggung rasa nyeri saat haid.
semoga bermanfaat. :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar