Keeps Your Eyes On Human Trafficking


  • Apa itu Human Trafficking ?
Human Trafficking adalah tindakan kejahatan yang memperjual belikan manusia untuk kepentingan seks dan kerja paksa, bisa diantar daerah ataupun luar negeri.

  • Siapa korba Human Trafficking ?
Laki-laki ataupun perempuan, dari usia anak-anak hingga dewasa, bisa jadi korbannya. tapi sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, terutama mereka yang berpendidikan rendah dan mengalami kesulitan ekonomi. menurut data UNICEF, rata-rata 100 ribu orang indonesia jadi korban Human trafficking setiap tahunnya.

  • Apa Modus Kejahatannya?

Penculikan. ini bisa terjadi dimana saja, termasuk kota-kota besar. para gadis,anak-anak yang diculik akan dikirim ke negara lain dan diperdagangkan disana.korban penculikan di negara kita menurut ECPAT ( End Child Prostitution, Child Pornography and trafficking of Children for Sexual) biasanya dikirim ke malaysia,singapura, taiwan dan timur tengah.

  1. Berkedok sekolah atau biro jasa tenaga kerja, biasanya mereka menjanjikan magang di hotel-hotel dan restoran luar negeri, mereka yang terjebak biasanya dijadikan PSK, tenaga kerja paksa dipabrik-pabrik dan pembantu rumah tangga tanpa gaji.
  2. Tawaran pernikahan dengan seseorang diluar negeri. kasus seperti ini banyak terjadi di kalimantan barat.
  3. Beasiswa luar negeri. ini banyak terjadi di Eropa timur dan Amerika.setiba di tempat tujuan paspor mereka diambil dan terjebak dalam perangkap mereka.
  • Tips menghindari Human trafficking.Jangan mudah percaya kepada sembarangan orang asing. terutama yang menawari kita sesuatu seperti makanan dan minuman, tidak menutup kemungkinan didalam'a sudah dibubuhi obat tidur dan lainnya.
  • Hati-hati dengan tawaran pekerjaan luar negeri dengan iming-iming gaji yang besar, selidik dulu yayasan atau badan usaha yang memberikan penawaran itu.
  • karena anak-anak juga rentan yang menjadi korban, maka jangan malas menjaga adik ataupun anak diluar rumah.
  • Perluas wawasan tentang human trafficking, kita bisa searching di Internet ataupun mencari dimedia-media lainnya.
  • ketika ada sesuatu yang mencurigakan disekeliling kita, jangan segan-segan untuk menceritakan kepada teman,guru dan orang tua.




Komentar

Postingan Populer