Selasa, 07 Februari 2012

Komposisi Salad Bernutrisi & Mengenyangkan






Kali ini icha mau share sedikit tentang komposisi salad, yang selain bernutrisi tinggi juga mengenyangkan. Salad bisa aja kalau kita mau jadikan makanan utama, tapi syaratnya harus bernutrisi tinggim kbutuhan gizi, protein karbonya juga harus ada, nah untuk itu kita harus memperhatikan sedikit komposisi salad, yaitu :


1. Daun-daunan hijau


Daun memberi rasa kenyang, karena kaya serat dan rendah kalori. triknya, isi mangkuk salad anda dengan daun-daunan terlebih dahulu. dengan begitu semakin sedikit ruang untuk bahan tinggi kalori yang menggoda lidah. jangan terpaku dengan daun selada saja, ada bayam, kacang panjang ketimun selada air semakin berwarna sayuran semakin kaya vitamin mineral dan atioksidannya.

2. Buah

Aneka buah yang anda masukkan dalam mangkuk tak hanya memnuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya saja, usahakan buah bisa menggantikan cita rasa, tanpa harus menambah dressing.

3. Daging
Untuk membuat perut kenyang lebih lama, jangan lupakan protein, pilih yang ramah kalori, seperti daging tanpa lemak, ikan tuna,kakap atau dada ayam jika tidak mengkonsumsi daging anda bisa menggantinya dengan tofu,putih telur atau kacang polong.

4. Kacang-kacangan
Taburkan sedikit kacang-kacangan seperti walnut,pecan,almond,kwaci biji labu atau kacang mete bahan-bahan tersebut menambahkan sensasi kriuk-kriuk di salad anda.

5. Keju
Selain rasanya yang gurih, keju juga sumber protein dari kalsium yang baik. namun hati-hati menaburkannya dengan salad, karena kalorinya tinggi, jika anda ingin menaburkan keju pakai jenis parmesan dua sendok keju ini mengandung 20 kalori.


^Tips Salad sehat dan lezat.
-Gunakan sedikit dressing, tidak perlu sampai membanjiri sayuran
-Supaya rasanya tetap kaya, tambahkan saja bumbu-bumbu. misalnya garam,merica,parutan bawang bombay,acar ketimun,bubuk cabai, paprika cincang, tarragon,atau basil segar.
-pastikan daunnya tidak basah,agar minyak dan bumbu menempel disayuran dan tidak hambar.



2 komentar:

  1. Menu yang sehat, kadang saya lupa makan sayur, padahal itu penting banget bagi tubuh. Dalam salad ada sayurannya yang juga bermanfaat bagi tubuh. Saya coba makan salad aja dech kalau pas ada waktu buat atau beli salad.

    BalasHapus
  2. iya mbak.. salad emang kaya akan gizinya :D kalo saya sering mkn sayur tp sayurnya drebus dulu.

    BalasHapus