Rabu, 08 Februari 2012

Pesona Mie Aceh


Icha mau share tentang mie aceh ne, Mie yang membawa nama Aceh ini terkenal kelezatannya. gak cuma ada di Aceh, diluar Aceh bahkan diluar negeri seperti malaysia juga ada yang menjual mie ini. makanan ini juga termasuk makanan favorit keluarga icha, kalo lagi kepingin tinggal beli bahan trus diolah deh. nah mau tau resep sederhananya? check it out :)

Bahan:
500 gr mi kuning 
100 gr udang basah, bersihkan, buang kulitnya kalau gak pakek udang, pakek daging juga boleh.
1 bh tomat, potong dadu
100 gr tauge, bersihkan
100 gr kol, iris tipis
2 sdm kecap manis & asin (secukupnya)
2 btg daun bawang, iris halus
2 sdm irisan daun seledri
1 sdt garam (secukupnya)
1 sdt bumbu kari bubuk
2 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bumbu halus:
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 bh cabai merah
3 bh cabai rawit
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
4 btr kapulaga
1 sdt jinten sangrai
1/2 sdt adas manis sangrai
1 sdt ketumbar sangrai 

Pelengkap:
Emping goreng (krupuk melinjo)
Acar mentimun
Jeruk nipis

Cara membuat:
1. Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, aduk. Masukkan daging, aduk hingga berubah warna. Tambahkan udang. Masukkan tomat, seledri, daun bawang, garam, kari bubuk. Masak hingga daging matang.
2. Masukkan kol dan tauge, aduk rata. Tambahkan mie dan kecap manis. Aduk hingga rata dan matang. Angkat.
3. Tata dalam mangkuk, sajikan dengan acar dan emping goreng. Perciki dengan perasan jeruk nipis.
4. Makan deh jangan lupa baca do'a :D


6 komentar:

  1. nikmatnya :D, minta donk XD hehe

    BalasHapus
  2. haha.. silahkan datang kerumah, kalo mau gratisan sih :D

    BalasHapus
  3. Wah nampaknya mantab gan, menggoda imanQ az, hehe

    BalasHapus
  4. Hmmm yummy banget, kirim ke blog aku dong buat makan siang, hehe

    Resepnya perlu dicaba nih.

    BalasHapus
  5. @royn : haha.. mau gan? dicoba buat aja :D
    @sweethy : gmana caranya mbak ngirimin mienya? silahkan mbak, resepnya sderhana kok..:)

    BalasHapus
  6. makanan kesukaan ane ne....mantap....

    BalasHapus