Kamis, 02 Februari 2012

Waspada !! BABI Mencakup Teknologi Pangan.






Teknologi pengolahan makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetika saat ini berkembang sangat pesat. Sayangnya semua itu dimulai dari Ilmu dan Teknologi yang tidak memikirkan halal dan haramnya, akibatnya mereka menggunakan apa saja yang bisa bermanfaat bagi manusia tetapi juga bisa merugikan, salah satunya adalah Babi.


Babi yang keharamannya sudah sangat jelas diera ini banyak dimanfaatkan. bukan hanya daging, kulit, tulang, bulu, jerohan lemak dan komponen-komponen lainnya juga digunakan. mungki jika dalam bentuk daging kita mudah mengenalinya tapi jika penggunaanya sedikit dalam makanan ini sangat sulit dideteksi.





nah untuk waspada kita perlu mengetahui kemana saja pemanfaatan babi dalam produk sehari-hari, sebagai pegangan bagi kita untuk bisa waspada dalam mengkonsumsi obat, makanan, kosmetik dan lain-lain.



  • DAGING

Daging babi dapat diolah menjadi berbagai bentuk olahan seperti Bakso,kornet,sosis dan berbagai masakan siap saji.Daging babi juga dapat dicampur dengan daging sapi atau daging lainnya dalam penjualan daging non halal.

  • BULU

Bulu babi mungkin jarang dikonsumsi tapi bulu babi banyak digunakan diberbagai kebutuhan lain seperti sikat gigi, kuas dan sumber asam amino. dinegara Eropa, sikat gigi mewah menggunakan bahan dari bulu babi, dikarenakan sangat lembut dan tidak merusak gusi. ciri-ciri sikat gigi yang berbahan bulu babi adalah jika dibakar menghasilkan bau sangat menyengat seperti tanduk terbakar hal ini disebabkan protein dalam bulu terbakar, tetapi jika kuas yang terbuat dari plastik akan meleleh jika terbakar.

  • JEROAN/ ORGAN DALAM HEWAN
Beberapa organ babi yang bisa dimanfaatkan adalah lambung anak babi, lambung ini dapat menghasilkan enzim rennet. enzim ini digunakan dalam pembuatan keju, yaitu dalam proses pemisahan susu menjadi keju (dadih) dan whey (limbah/sisa pembuatan keju). dan whey ini akan menghasilkan produk lain berupa laktosa dan kasein yang dimanfaatkan dalam pembuatan susu formula.


selain itu juga dapat menghasilka taurin yang sering digunakan dalam minuman energi dan dapat diekstrak dari empedu babi, sedangkan pankreas babi dapat menghasilkan insulin yang digunakan sebagai obat diabetes.

  • TULANG
Sekarang banyak sekali iklan di TV yang menayangkan susu berkalsium tinggi, pernahkan kita berfikir darimana mereka mendapatkan banyak stok kalsium sebagai komponen utama. dan ternyata tidak salah jika kita berfikir bahwa sumber kalsium itu bisa saja dari babi, karena pada kenyataan sekarang tulang babi merupakan sumber kalsium yang digunakan pada produk susu, minuman serta pasta gigi.


tulang dijadikan arang dan dipanaskan dalam suhu tinggi akan menghasilkan karbon aktif yang bisa digunakan untuk penyaringan air dan proses memutihkan warna gula pasir. protein yang digunakan juga bisa menghasilkan gelatin yang digunakan untuk pembuatan cangkang kapsul (pembungkus) obat, selai, permen lunak, dan sebagainya.


  • DARAH
Darah babi mengandung beberapa nutrisi murah, terutama protein dan mineral. ini sering dimanfaatkan untuk fermentasi. contohnya dalam pembuatan MSG, selain itu darah ini juga dapat diolah menjadi tepung darah yang digunakan untuk pembuatan pakan ternak dan campuran sosis.

  • KULIT
Untuk di indonesia Kulit babi dimanfaatkan untuk membuat kerupuk kulit (rambak). masalahnya sulit membedakan kerupuk kulit sapi dan babi. pada pengolahan modern, kulit babi bisa menghasilkan gelatin yang digunakan untuk membuat campuran yoghurt, jelly, corned, pembuatan vitamin dan pewarna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar