Tips menghadapi sidang meja hijau






Daripada daripada gaada postingan, kebetulan kemarin tanggal 16 januari 2014 saya dihadapkan dengan sidang skripsi, sidang yang dimana mempertanggung jawabkan semua apa yang kita tulis, apa yang kita lakukan dihadapan dosen.
saat itu didepan saya ada empat orang dosen, dua pembimbing skripsi dan dua lagi adalah penguji, penguji ini lah yang nantinya akan menjadi penanya tentang skripsi kita, sedangkan dua orang pembimbing sebagai pendamping.
jika kita tidak bisa menjawab soal dari para penguji, maka pembimbing akan merasa malu karena menjadi pembimbing kita, dan kita juga akan merasa malu sekaligus gagal.
Maka dari itu saya akan memberikan sedikit tips , agar nanti di sidang skripsi anda tidak merasa malu ataupun gagal.

1. BERDO'ALAH
berdo'a sebelum berperang, itulah kalimat yang selalu saya pegang, anda tidak akan sukses jika tidak bergantung kepada Allah. kita yang berusaha, tapi Allah lah yang menentukan.

2. BACA dan PAHAMI SKRIPSI ANDA !
membaca dan memahami skripsi adalah langkah yang paling penting. Terkadang ada mahasiswa yang sangat malas membaca skripsinya. tidak hanya membaca, yang paling penting adalah memahami apa yang sudah kita utarakan didalam skripsi itu. Ada mahasiswa yang meminta orang lain untuk membuat skripsinya, itu sebenarnya tidak masalah karena itu adalah hak mahasiswa itu sendiri, tapi jangan diterima mentah mentah apa yang sudah ditulis karena yang akan menjadi sasaran nanti adalah anda bukan penulis skripsi anda.
3. TULIS LIST PERTANYAAN
ini anda lakukan untuk mempersiapkan diri terhadap pertanyaan pertanyaan yang akan diajukan nanti dari pertanyaan yang sering diajukan sampai pertanyaan yang anda kira tidak diajukan. Agar anda tidak terkejut ketika dosen menanyakan pertanyaan yang menurut anda tidak mungkin ditanyakan.
4. BESARKAN SUARA ANDA
ini mungkin saran yang sangat aneh, mengapa saya harus membesarkan suara saya didepan dosen. Suara itu menampakkan anda gugup atau tidak, ketika anda gugup dan takut, anda akan bersuara kecil hingga tidak terdengar, tapi jika suara anda terdengar lantang dan tegas, itu menggambarkan anda berani. Walaupun jawaban anda itu adalah salah. Ketika kita terlihat takut, dosen akan semakin menekan kita. Intinya jangan takut dan gugup.

tiga tips diatas saya tulis berdasarkan pengalaman saya ketika sidang, semoga bisa diambil manfaatnya, dan semoga sukses dengan sidang anda.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer