Sabtu, 18 Februari 2012

70% Pengemudi Indonesia Berkendara Sambil Telpon


Ada yang masih menganggap mengemudi sambil menelpon adalah hal yang lumrah. meski tanpa disadari akibatnya bisa fatal. nyawa pun bisa jadi taruhan. peraturan yang dibuat seolah belum maksimal, tatkala banyak pengendara masih asyik berhaha-hihi dengan cerianya sambil menempelkan ponsel ditelinga.

Padahal bila memang tertangkap tangan akan dikenakan pidana kurungan tiga bulan atau denda paling banyak 750 ribu rupiah sesuai pasal 283 di Undang-undang no.22 tahun 2009. Bunyinya :

"setiap orang mengemudikan kendaraan bermotor dijalan secara tidak wajar dan tidak melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi dijalan sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp.750.000,00 (Tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)."

Sementara pada pasal 106 ayat (1) Undang-undang No.22 Tahun 2009 sendiri berisi : "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dijalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi."

Padahal jika kita lihat negara-negara maju, masyarakatnya sangat patuh terhadap peraturan lalu lintas demi keselamatannya sendiri. tapi mengapa masyarakat indonesia sendiri sangat bandel dan tidak mau mensikapi peraturan yang ada. padahal peraturan itu dibuat untuk diri kita sendiri.

10 komentar:

  1. Kalo pake headset kena peraturan gak sob :)

    BalasHapus
  2. yg jalan kaki jika ber hp ria gmn sob ?
    kena denda ga?

    BalasHapus
  3. bagi orang indonesia itu aturan dibuat untuk dilanggar :D

    BalasHapus
  4. saya pernah nih..hampir aja nabrak mobil

    BalasHapus
  5. Kunjungan malam
    mungkin penegak hukum di Indonesia kurang tegas
    atau penegak hukumnya juga tidak bisa memberi contoh pada masyarakatnya

    BalasHapus
  6. @anak rantau : ya tergantung, kalo mengganggu knsentrasi sama aja gk boleh
    @Farhan : pertanyaan dodol :p
    @Ario : haha.. iya neh.. *tragis
    @Dwi : Tobat sob, syg umur :D
    @rizki : huum, itu iya juga sob,, polisinya aja melanggar, gmn penduduk mw patuh,

    BalasHapus
  7. ya hal itu sering terjadi di Indonesia XD

    BalasHapus
  8. wah,,, gue juga sering tuh cha,,, pas lagi pacaran lagi anget2nya. . hape gue sempilin di helm,,,, sambil bawa motor ... HALOW. . .

    BalasHapus
  9. @inuzuka : haha.. semoga ke depannya gak lagi deh, biar angka korban kecelakaan di Indonesia menurun.
    @Ale : wah.. kalo gak ngeganggu konsentrasi sih gak mslah, tp klo ngegnggu gmn coba?

    BalasHapus
  10. Ah itu udah biasa sob, kn disini hukum bisa di beli,. Haha benar gak?

    BalasHapus