Disaster Of The World


Bencana adalah kejadian yang menimbulkan kerusakan, penderitaan, kerugian bahkan kematian bagi manusia ataupun lingkungan.
Berikut bencana terbesar yang pernah terjadi didunia.

  • Peshtigo Wildfire (8 Oktober 1871)
Kebakaran liar yang terjadi di peshtigo, Wisconsin, U.S, menyebabkan hangusnya lebih dari satu juta are tanah disana. ini merupakan kebakaran hebat sepanjang sejarah Amerika. sebanyak 1.200 orang menjadi korban.

  • Great Chilean Quake (22 mei 1960)
Ini bukan gempa paling mematikan tapi dalam segi kekuatan, namun gempa ini memiliki kekuatan 9.5 magnitude hingga menyebabkan tsunami di valdivia, chili. gempa tersebut menyebabkan 1.600 orang meninggal dunia dan 2.000 orang luka-luka.

  • The Super Outbreak
Sebanyak 148 badai tornado menghancurkan 13 negara bagian di Amerika Serikat selama 24 jam penuh. sekitar 330 orang meninggal dan 5.000 orang luka-luka. jika 148 tornado itu digabungkan maka akan menghasilkan badai seluas 2,500 mil/segi.

  • Tangshan Earthquake
Gempa berkekuatan 7.5 skala ritcher dan menewaskan lebih dari 255.000 orang.

  • Vesuvius, pompeii (79 A.D)
Terjadi 2000 tahun yg lalu pada tahun 79, A.D. gunung berapi vesuvius meletus selama satu hari penuh, mengeluarkan abu dan zat racun yang sangat banyak hingga mengubur kota yang bernama pompei, sebuah peradaban yang dinyatakan hilang pada saat itu. peristiwa ini sering disebut sebagai pyroclastic flow.

  • Krakatau, Indonesia ( 26-27 Agustus 1883)
Ketika meletus, pada letusan ke-4 dia melepaskan tiga kubik mil magma, dan itu sama dengan kekuatan energi 1 bom atom. letusannya terdengar hingga ribuan mil jauhnya. ledakan tersebut menyebabkan seluruh pulau krakatau tenggelam hingga dasar laut dan menenggelamkan lebih dari 100 pulau disekitarnya. satu peradaban lagi yang dinyatakan hilang saat itu.

  • Tsunami Aceh, Indonesia (26 desember 2004)
Diawalai dengan gempa bumi berkekuatan 9.1 skala ritcher yang mengguncang samudra hindia. gempa tersebut terjadi selama delapan menit yang mematikan.setelah beberapa saat, tsunami yang terkuat dalam sejarah dunia pun terbentuk dan menuju ke 14 negara berbeda secara bersamaan. ketinggian tsunami mencapai 35 meter. korban tewas diindonesia sebanyak 230.000 jiwa dan 1.7 juta orang luka-luka. tinggi level air diseluruh dunia sempat naik drastis beberapa kaki dalam beberapa hari.


Komentar

Postingan Populer