Senin, 06 Februari 2012

Mendapatkan Manfaat Maksimal Dari Sayur dan Daging



Sebelum mengolah masakan, simak dulu tips dibawah ini, lalu ikuti petunjuknya, agar gizi yang ada dalam sayur dan daging bisa kita dapatkan.




  • Pilih sayur-sayuran dan buah organik, yang tidak menggunakan pestisida dalam pembudidayaannya.
  • Cuci bersih sayur dan buah dibawah air mengalir, lakukan sebelum dipotong-potong untuk menghindari kehilangan vitamin lenih banyak.
  • Pilih daging ayam, sapi, ikan yang masih segar, cuci hingga bersih dibawah air mengalir.
  • Buang kulit ayam dan lemak sapi untuk meminimalkan konsumsi lemak jahat.
  • Daging ayam dan sapi mengandung vitamin B dalam jumlah yang cukup tinggi. karena viitamin B mudah larut dalam air panas, maka sebaiknya pengolahan ayam tidak direbus terlalu lama (suhu < 121derajat celcius) dan 

  • Jika harus merebus daging dalam waktu yang lama, maka air rebusan jangan dibuang, tetapi digunakan sebagai kuah masakan karena didalamnya mengandung vitamin dan mineral.
  • Sayuran sebaiknya ditambahkan setelah air mendidih dan dimasak dalam waktu singkat untuk mencegah kerusakan dan kehilangan vitamin. diamkan air mendidih selama 2 menit hingga oksigen berkurang, karena oksigen dalam air dapat menyebabkan vitamin C dalam sayur menguap.
  • Jangan merebus langsung sayur dalam air dingin karena vitamin C akan berkurang sebesar 10-12 kali lipat dari biasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar